Penjelasan Aktualisasi Nilai Dasar BerAKHLAK pada Pelatihan Dasar CPNS

Oleh Daud Amarato  |  Profil

Setelah mempelajari berbagai materi pembelajaran yang membahas tentang Nilai Dasar BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) pada Agenda II, serta Kedudukan dan Peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Agenda III maupun Sikap Perilaku Bela Negara pada Agenda I yang telah berlangsung, selanjutnya pada Agenda IV setiap peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) diharapkan mampu mengaktualisasikannya pada unit kerja masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk PNS Profesional dengan karakter BerAKHLAK.  

Dalam rangka aktualisasi tersebut, maka setiap peserta perlu membuat rancangan aktualisasi (rancak) untuk selanjutnya melakukan aktualisasi pada Agenda Habituasi, yang akan berlangsung selama off Class. Rancak tersebut perlu disusun dengan baik, agar memudahkan setiap peserta dalam aktualisasi.

Selain menyusun Rancak yang baik, setiap peserta Latsar CPNS perlu mendapatkan penjelasan tentang beberapa hal yang terkait dengan pelaksanaan aktualisasi melalui materi “Penjelasan Aktualisasi” ini.

Guna melengkapi pemahamanan tentang materi ini, sebaiknya peserta membaca terlebih dahulu materi tentang “Konsep Aktulisasi” yang telah disampaikan sebelumnya. Sebab materi "Penjelasan Aktualisasi" ini merupakan kelanjutan dari materi "Konsepsi Aktualisasi".


Adapun materi pokok yang akan bahas, adalah:

  1. Rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS;

  2. Seminar rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS;

  3. Pelaksanaan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS;

  4. Penyusunab laporan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS;

  5. Seminar laporan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS;

  6. Rencana aksi dan penyempurnaan aktualisasi nilai nilai dasar profesi PNS.


Keenam materi pokok tersebut di atas dapat disimak dalam materi pada slide di bawah ini.




Posting Komentar untuk "Penjelasan Aktualisasi Nilai Dasar BerAKHLAK pada Pelatihan Dasar CPNS"