Tips Menghindari Penipuan dan Kebocoran Data Pribadi Saat Belanja Online

Ilustrasi - Belanja Online (pixabay.com)


Sesuai dengan perkembangan zaman dan karena kesibukan yang tinggi, dewasa ini banyak orang memilih untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara belanja online. Berbelanja online bisa menjadi pengalaman yang nyaman dan menyenangkan, karena pelanggan online dapat memperoleh produk yang dibutuhkan dengan cara yang mudah tanpa harus berlelah-lelah ke lokasi penjualan produk yang bersangkutan. Cukup dengan cara klik dan klik, selang beberapa waktu kemudian, produk yang bersangkutan akan tiba di tangan pemesan produk.


Akan tetapi hendaknya setiap pelanggan online lebih berhati-hati, agar terhindar dari penipuan dan kebocoran informasi pribadi. Sebab tidak sedikit pelanggan online yang telah tertipu dan data pribadinya dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab saat melakukan belanja online. 


Guna menghindari penipuan dan pembobolan tersebut di atas, berikut disajikan beberapa tips untuk berbelanja online dengan aman:

(1) Berbelanja pada situs web terkemuka. Sebaiknya pelanggan hanya belanja pada situs-situs web tepercaya dan terkenal untuk melakukan pembelian. Dalam hal ini cari toko online yang memiliki metode pembayaran aman dan menggunakan enkripsi untuk melindungi data pribadi Anda.

(2) Gunakan kata sandi yang kuat. Dalam hal ini kata sandi yang digunakan mesti unik dan kuat untuk semua akun online yang digunakan untuk berbelanja, dan hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk beberapa situs. Gunakan pengelola kata sandi untuk membantu kita dalam mengelola dan menyimpan kata sandi dengan aman.

(3) Selalu memperbarui perangkat lunak pada perangkat keras yang kita gunakan. Maksudnya kita mesti selalu memperbarui sistem operasi, antivirus, dan perangkat lunak lainnya untuk memastikan bahwa kita selalu memiliki tambalan fitur keamanan terbaru.

(4) Waspadai penipuan phishing. Semua pelanggan mesti berhati-hatilah terhadap email atau pesan yang tampaknya berasal dari perusahaan terkemuka, tetapi sebenarnya adalah penipuan phishing. Guna menghindari hal ini, jangan pernah memberikan informasi pribadi atau meng-klik tautan tertentu kecuali Anda yakin dengan sumbernya.

(5) Periksa metode pembayaran yang aman. Hendaknya selalu gunakan metode pembayaran yang aman seperti PayPal, Dana, Ovo atau kartu kredit, yang menawarkan lapisan perlindungan tambahan terhadap aktivitas penipuan.

(6) Gunakan jaringan pribadi virtual (VPN). Saat menggunakan jaringan wi-fi publik, gunakan VPN untuk mengenkripsi koneksi internet Anda dan melindungi informasi pribadi Anda agar tidak dicegat oleh peretas.

(7) Baca ulasan produk. Sebelum melakukan pembelian, baca ulasan dan periksa peringkat produk, serta bagaimana komentar para pelanggan terdahulu terhadap produk dan toko online penjual produk yang bersangkutan. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk terhindar dari membeli produk palsu atau berkualitas rendah. 

(8) Jangan tertipu dengan iming-iming harga produk yang sangat murah. Jika kita melihat harga produk yang sangat murah, sebaiknya toko online demikian diabaikan saja. Dalam hal ini pelanggan perlu menghindarkan diri dari membeli produk dengan harga yang jauh lebih murah atau harga yang tidak masuk akal. Selama ini cukup banyak pelanggan toko online yang terjebak membeli produk dengan harga murah. Perlu diingat betul bahwa harga menentukan kualitas. Makin murah harga suatu produk, makin rendah pula kualitasnya, bahkan barang yang bersangkutan merupakan barang palsu. Demikian pula sebaliknya.    

Mudah-mudahan dengan beberapa tips ini, kita dapat berbelanja online dengan aman dan melindungi diri dari penipuan dan pencurian data pribadi. Selamat berbelanja dengan aman...


Posting Komentar untuk "Tips Menghindari Penipuan dan Kebocoran Data Pribadi Saat Belanja Online"